Saturday, August 2, 2014

Review Buku : Ya Allah, Bimbing Hamba Menjadi Wanita Salehah by Aisyah Christy

Ya Allah, Bimbing Hamba Menjadi Wanita Salehah
(Edisi Revisi)

Penulis : Aisyah Christy
Penerbit : Quanta - PT. Elex Media Komputindo
Tebal Buku : xiv + 228 Halaman
Tanggal Terbit : Cetakan ke 3, September 2013
ISBN : 978-602-02-2156-4


Started on : 27 July 2014
Finished on : 30 July 2014

Oh ya baru review ini loh aku kasih tanggal kapan aku mulai baca dan tanggal selesainya, aku rasa hal itu perlu untuk mengetahui seberapa lama aku membaca sebuah buku. Oh ya, aku memulai membaca buku ini bertepatan dengan malam takbir lebaran loh tepatnya tanggal 27 July 2014.

Setiap wanita pasti menginginkan menjadi wanita terbaik atau salehah seburuk apapun sifat dan tingkah lakunya, itu sudah naluri manusia. InsyaAllah, buku ini mampu sedikit membimbing kita ke arah yang lebih baik menjadi wanita salehah. Amin^^
Mari simak pembahasan buku ini lebih dalam lagi, baca reviewnya sampai tuntas ya!! :D
Buku ini sendiri terdiri dari 6 (enam) bagian, yaitu :
Bagian I Kesetaraan Yang Indah
Saudariku, sejak awal diturunkannya Islam sebagai agama pamungkas, Islam sudah banyak merombak peradaban jahiliah yang sangat diskriminatif kepada kaum Hawa. Perombakan tak hanya membela hak-hak kaum wanita yang saat itu masih menjadi kaum terzalimi, bahkan merombak sistem dan tata nilai di masyarakat Jahiliah, hingga perempuan dan laki-laki diposisikan setara. Penghormatan itu hadir sebagai bukti bahwa Islam adalah agama masa depan yang sejak kelahirannya mampu membaca zaman. (Ya Allah, Bimbing Hamba Menjadi Wanita Salehah hal.3)
Nah, itulah hebatnya Islam. Islam bukan hanya sekedar agama tapi ia juga sistem pengatur kehidupan. Sebelum datangnya Islam, kaum wanita tidak mendapatkan tempat semestinya di tengah masyarakat, bahkan kelahirannya tidak diharapkan oleh orang tua. Kerancauan berpikir masyarakat Jahiliah dihilangkan dengan kedatangan syariat Islam yang dengan sangat drastis mengangkat harkat dan derajat kaum wanita dari jurang kehinaan menjadi angkasa kehormatan. Islam membawa aturan yang sangat adil terhadap semua manusia dengan syariat yang menetapkan bahwa mulia hinanya manusia bukan dilihat dari jenis kelamin. Dalam Islam kemuliaan manusia hanya dinilai dari tingkat takwanya kepada Sang Pencipta.

Bagian 2 Be A Great Woman
"Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan ialah wanita (istri) yang salehah." (HR.Muslim)
Wanita salehah itu tidak dilihat dari kecantikan wajahnya, tetapi dilihat dari kecantikan hatinya.Wanita salehah bukan dilihat dari bentuk tubuhnya, tetapi dilihat dari bagaimana menjaga kehormatannya. Wanita salehah bukan dilihat dari seberapa indah lantunan suaranya, tetapi dilihat dari perkataan yang sering diucapkan lisannya. Wanita salehah bukan dilihat dari keindahannya dalam berpakaian, tetapi dilihat dari usahanyamenutupi aurat.
Menjadi wanita salehah tentu dambaan para muslimah yang mencita-citakan surga. Bahkan kelak, perempuan salehah dijanjikan menjadi bidadari-bidadari surga yang paling cantik di antara bidadari yang tercipta. Syaratnya hanya satu, yaitu salehah.
Ada sub bagian yang menarik dari bagian dua ini yaitu "Ketika Jilbab Mempercantik Raga dan Jiwa". Dalam sub bagian itu dijelaskan kriteria pakaian seorang muslimah, yaitu :
  1. Menutup seluruh tubuh kecuali yang dikecualikan, sesuai sabda Rasulullah "Hai Asma', apabila wanita sudah sampai ke tanda kedewasaan (haid), tidak boleh terlihat bagian tubuhnya kecuali ini dan ini-beliau mengisyaratkan muka dan telapak tangannya." (HR. Abu Daud). Jadi seluruh tubuh muslimah adalah aurat kecuali muka dan telapak tangannya ya^^
  2. Bukan tabarruj dan libasusy syuhra, dandanan tabarruj maksudnya adalah yang terlalu berlebihan sehingga lebih mentampakkan kemubaziran dalam bersolek. Sedangkan libasusy syuhra maksudnya adalah pakaian yang dikenakan dengan tujuan popularitas.
  3. Tidak menampakkan lekuk tubuh (nah lo sekarang udah jadi trend aja tuh)
  4. Kainnya tebal. Rasulullah bersabda, "Pada akhir masa umatku nanti akan ada wanita yang berpakaian namun (hakikatnya) telanjang. Di atas kepala mereka terdapat bongkol (punuk) onta. Kutuklah mereka karena sebenarnya mereka itu adalah kaum wanita yang terkutuk." Di dalam hadis lain terdapat tambahan, "Mereka tidak akan masuk surga dan juga tidak akan memperoleh baunya, padahal baunya surga itu dapat dicium dari perjalanan (jarak) sekian dan sekian." Maksud dari Nabi adalah kaum wanita yang menggambarkan bentuk tubuhnya dan tidak dapat menutup atau menyembunyikannya. Mereka berpakaian namun hakikatnya telanjang. Trus yang sekarang jadi trend fashion tuh pakai ciput punuk onta, ingat punuk onta nggak bakal masuk surga loh!
  5. Tidak menyerupai laki-laki. Misal pakai celana jeans, apalagi yang lagi trend saat ini legging yang dapat melihat bentuk lekuk tubuh. Ayo dear memakai pakaian sesuai syariat Islam, agar Allah ridho dengan kita. Ingat menutup aurat secara sempurna adalah kewajiban setiap muslimah.
Bagian 3 Pernikahan Barokah
Saudariku yang salehah, bagaimana menurutmu cara seorang pria membuktikan bahwa ia benar-benar serius mencintai kita? Apakah dengan mengatakan kalimat klise 'aku sayang kamu'? Atau tawaran penuh rayu "apakah kamu mau jadi pacarku?' Wanita salehah tentu menjawabnya tidak. Sebab Islam tak mengajari umatnya untuk mengambil langkah salah dalam mengekspresikan perasaan cinta. Cinta itu fitrah yang sudah melekat pada diri manusia. Cinta itu suci, karena berasal dari Zat yang Mahasuci. Jangan sampai kita menodai kesucian cinta dengan cara melakukan praktik-praktik yang bertentangan dengan batasan syar'i.
Cinta yang hanya terimplementasi melalui cara-cara yang tidka sesuai dengan aturan Islam hanya akan berakhir dalam lubang dosa. Budaya pacaran yang selama ini dijadikan kebiasaan bagi para remaja bukanlah sebuah tradisi yang diajarkan dalam Islam. Islam begitu menjaga pergaulan anatar lelaki dan perempuan yang bukan mahram dengan tujuan untuk menyelamatkan umatnya dari jaring-jaring setan yang terkadang sangat halus hingga tak terasa sedikit pun, kalau kita sudah tergoda. 
Sungguh disayangkan, masih begitu banyak orang yang salah paham mengenai proses menjadi jodoh yang benar. Mereka mengabaikan aturan Islam yang sempurna ini. Mereka lupa bahwa Islam telah mengajarkan sikap-sikap yang sangat indah dalam meraih jodoh yang diridhai-Nya
(Ya Allah, Bimbing Hamba Menjadi Wanita Salehah hal. 84)
Diantara sebagian orang membenarkan tentang pacaran atau tunangan padahal itu melanggar syariat. Mungkin pada akhirnya ada yang berhasil menjadi pasangan suami istri, tapi percayalah, pernikahan yang sejak awal dibangun dengan dosa, keberkahannya akan berkurang. Bahkan bisa jadi akan hilang bobot ibadah dari sebuah pernikahan. Nikah merupakan jalan paling baik dan paling afdhal dalam rangkan menjaga kehormatan diri.


Bagian 4 Menjadi Istri Salehah
Jodoh kita adalah pasangan yang sudah disediakan oleh Allah bagi diri kita, Bagi Allah, psangan hidup kita itulah karunia yang paling tepat bagi kita. Ingatlah, pasangan ideal dalah pasangan yang jika salah satu pihak membutuhkan, yang lain bisa menutupi. Pasangan ideal adalah pasangan yang mampu untuk selalu berbagi suka dan duka bersama, dengan tulus dan ikhlas.
Menjadi wanita salehah adalah dambaan para perempuan yang merindukan surga Allah. Karena hadiahnya adalah surga, amalan para perempuan salehah sudah tak sepantasnya ringan. Ada beragam aturan yang harus dipatuhi. Ada beragam larangan yang harus dihindari. Salah satu perintah yang harus dipatuhi oleh para perempuan salehah adalah upaya kerasnya untuk menjaga rumah tangganya. Rumah tangga merupakan salah satu media yang disediakan oleh Allah untuk berjuang. Perjuangannya memang tak ringan. Terkadang ada ujian yang datang tak terduga. Ada badai masalah yang kadang datang menerpa. Ada masalah hidup yang hadirnya tak disangka-sangka. Tetapi sungguh, justru di sanalah keimanan kita sedang diuji oleh-Nya. Justru dalam masalah itulah ketauhidan kita sedang disapa. Mari kita tangguhkan mental untuk menghadapi berbagai masalah itu dengan ikhtiar dan doa. Semoga Allah merahmati ikhtiar kita sebagai sebuah jalan yang mempertemukan kita dengan kelapangan. 
(Ya Allah, Bimbing Hamba Menjadi Wanita Salehah hal. 163)

Bagian 5 Menjadi Ibu
Salah satu karunia luar biasa yang diberikan kepada wanita yaitu berupa rahim. Di dalam organ inilah nantinya tumbuh manusia baru yang hadir ke dunia karena curahan kasih sayang dari bundanya. Hanya calon ibu yang benar-benar penyanyang yang bersedia mengorbankan kenyamanannya sejenak demi menyaksikan bayi yang dikandungnya lahir ke dunia dengan selamat.
Sebagai ibu kita memiliki kewajiban mencurahkan kasih sayang kepada putra putri kita. Seorang ibu adalah guru pertama bagi seorang anak. Jika guru pertamanya mengajarkan kebencian, keburukan, pikiran negatif, serta dendam, jangan harap seorang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang penyanyang.
(Ya Allah, Bimbing Hamba Menjadi Wanita Salehah hal. 174)
Salah satu keutamaan wanita adalah menjadi seorang ibu. Sebuah syair mengatakan, ibu adalah sebuah sekolah, yang apabila dipersiapkan (dengan baik), berarti engkau telah mempersiapkan suatu bangsa dengan dasar yang baik. Paling tidak ada tiga persiapan yang perlu dilakukan seorang ibu maupun calon ibu, yaitu :
  • Pertama, persiapan ruhiyah. Karena seorang ibu sangat berperan dalam pembentukan mental anak-anaknya, sang ibu hendaknya membekali diri dengan melakukan pendekatan kepada Sang Pencipta.
  • Kedua, persiapan aqliyah. Persiapan ini terkait erat dengan kemauan untuk terus belajar. Seorang ibu yang berpengetahuan luas dapat berpikir kreatif  sehingga mampu mengembangkan potensi anak-anaknya.
  • Ketiga, persiapan jasmaniah. Kesehatan mutlak dibutuhkan seorang ibu. Sehat saat mengandung dan melahirkan. Usai melahirkan pun seorang ibu disibukkan dengan mengurus anaknya yang tentu masih bertahun-tahun hingga bisa mandiri.
Bagian 6 Doa-Doa untuk Muslimah
Di dalam bagian enam ini berisi doa-doa untuk muslimah. Misal doa untuk mendapatkan jodoh yang saleh :p *wish

Buku ini wajib dibaca oleh setiap muslimah. Bacaan ringan yang menemani dan menuntun kita menjadi salehah. Bahasanya cukap mudah untuk dicerna kok, jadi setiap pembahasan mudah untuk dipahami. Semoga dengan hadirnya review yang singkat ini dapat memberi manfaat yang membimbing kita ke arah yang lebih baik lagi. Amin^^. Keep reading guys! Keep istiqomah and salam pelangi :D


0 comments:

Post a Comment

 
Sahabat Pelangi Blogger Template by Ipietoon Blogger Template