Monday, June 2, 2014

Review Buku : Meraih Berkah Dengan Menikah by M. Thobroni dan Aliyah A. Munir

Meraih Berkah dengan Menikah
Penulis : M. Thobroni dan Aliyah A. Munir
Penerbit : Pustaka Marwa
Tebal Buku : 178 Halaman


Sebelum menikah, sebaiknya perempuan muslim menyiapkan beberapa hal yang nantinya bisa menjadi bekal setelah menikah. Tidak sedikit perempuan kurang bekal dalam pernikahan yang mengakibatkan mereka shock. Bahkan, tidak kuat dengan pernikahan yang telah terjadi. Persiapan ini tidak hanya menyangkut persiapan ritual, namun yang utama adalah pemahaman tentang hakikat pernikahan dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat. Kebanyakan perempuan mengalami beban psikologis yang luar biasadibanding dengan laki-laki, hal ini dikarenakan perempuan dalam perspektif agama maupun masyarakat selalu berada di urutan kedua (sub-ordinat) sehingga memaksa perempuan untuk mengalah dalam posisi tersebut.
(Meraih Berkah Dengan Menikah hal.49)

Nah, sebagai seorang muslimah sudahkah kita mempersiapkan bekalkita dalam mengarungi mahligai rumah tangga *ecie...* Karena hakikat pernikahan bukan terletak pada ritual pernikahannya dengan menggelar acara atau pesta yang mewah, megah dan glamour, melainkan menjadikan rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah yang paling penting.
Sakinah artinya tenteram, yaitu adanya kepercayaan dalam berumah tangga, dan saling memahami sifat pasangan masing-masing hingga timbul perasaan tenteram, seiring dan sejalan untuk mewujudkan tujuan berumah tangga. Keluarga sakinah menunjukan keluarga yang tenang dan damai.
Mawaddah artinya cinta, yang merupakan tahapan berikutnya yang kita rasakan pada pasangan. Kita mencintai tidak hanya didasarkan keadaan fisik atau ekonomi semata ataupun keadaan luar saja. Tetapi adanya perasaan mencintai karena Allah SWT, yang tidak tergoyahkan oleh godaan-godaan apapun. Keluarga mawaddah menunjukan keluarga yang saling mencintai dan saling menyayangi.
Sedangkan warahmah artinya rahmat, merupakan tahap akhir dari semua perasaan. Pada tahap ini kita benar-benar menjalankan pernikahan tanpa adanya halangan yang menghadang hingga menjadi pasangan yang diridhai Allah SWT.
(Meraih Berkah Dengan Menikah hal. 53)

Buku ini hadir dan berisi ilmu tentang pernikahan, yang tentunya bermanfaat bagi sahabat muslimah. Mulai dari membahasa pengertian nikah dan ijab kabul, hukum nikah, tujuan nikah, akad nikah, rukun dan syarat nikah, pernikahan yang sakinah, mawaddah, dan warahmah, pengertian ta'aruf, persiapan pranikah hingga kiat-kiat mengelola konflik pasangan baru. Buku ini recommend untuk dibaca bagi pasangan yang akan menikah, yang sedang belajar sebelum pernikahan juga bagus kok biar semakin mantep ilmunya.

Semoga bermanfaat ya^^
Happy reading :)


0 comments:

Post a Comment

 
Sahabat Pelangi Blogger Template by Ipietoon Blogger Template