Wednesday, July 23, 2014

Review Buku : Kotak Kecantikan Ajaib by Ninih Muthmainnah

Kotak Kecantikan Ajaib
Rahasia Kecantikan Abadi

Penulis : Ninih Muthmainnah
Penerbit : Khansa
Tebal Buku : xvi + 150 Halaman
Tanggal Terbit : Cetakan II, Sya'ban 1428 H/ September 2007
ISBN 13 : 978-979-99682-0-3


Assalamualaikum :) kali ini aku mau mereview salah satu buku yang wajib dibaca ama muslimah nih. Buku ini adalah karya Ninih Muthmainnah biasanya kita mengenal beliau dengan panggilan Teh Ninih, istri dari Aa' Gym.

Buku ini sebenarnya sudah lama beredar sejak tahun 2007, dan saya pun baca buku ini tahun 2010 atau 2011an. Dan baru mereview buku ini tahun 2014 *payah tepok jidat xD

Aku adalah salah satu penggemar Teh Ninih, karena kepribadian dan akhlaknya yang bisa dibilang luar biasa banget menurut pandanganku. Selain itu kalau liat wajahnya Teteh itu berasa adem *es kale ya :p* kagum banget. Pokoknya bener-bener akhwat sejati lah :)
Hadiah Terindah untuk Wanita 
Aku menciptakan seorang wanita, sebagai makhluk yang istimewa
Aku membuat dirinya berdiri di antara keras dan congkaknya dunia, namun ia memiliki kelembutan dan mampu memberikan ketenangan
Aku memberi sedikit asma-Ku di rahimnya untuk mampu melahirkan anak, mengasuh, dan membesarkannya dalam derita, lelah tanpa keluhan walaupun ia harus menerima kemarahan serta penolakan dari anak-anaknya
Aku memberi cinta untuk mencintai darah dagingnya walaupun mereka menyakitinya
Aku memberi ujian dan cobaan hidup agar ia tetap tegar ketika orang lain berputus asa dan kalah
Aku memberi ketulusan padanya untuk berbuat ketika yang lain mengharapkan pamrih
Aku menunggunya... di Surga 
Menyambut Sang Bidadari
(Kotak Kecantikan Ajaib hal. iii)

Menyentuh banget kan kata-katanya, itulah pesona wanita. Mempunyai daya tarik yang sangat memikat jika tidak digunakan pada jalanNya maka binasa lah wanita dengan segala kemuliaannya. Berikut ada sebait pesan Teh Ninih untuk kita para wanita sebelum kita lebih lanjut mengexplore kecantikan hati melalui buku ini.
Kecantikan fisik akan hilang ditelan masa
Kecantikan hati abadi sepanjang masa
Kelembutan bertutur bukan untuk merayu
Kelembutan bersikap menjauhkan dari nafsu
Keikhlasan berbuat mendatangkan pertolongan Allah
(Kotak Kecantikan Ajaib hal. x)

Buku ini sendiri terbagi dalam 4 beauty case + beauty case bonus, langsung simak pembahasannya berikut ini ya!
Beauty Case I : Hakikat Kecantikan
Apa arti kecantikan yang sebenarnya? Mitos zaman sekarang berkata bahwa cantik itu langsing, ramping berkulit putih, body seksi, tinggi semampai, hidung mancung, gigi ginsul, mata bulet, pipi tirus atau chubby, dan lain sebagainya. Jika kalian mendefinisikan cantik dari segi fisik lantas bagaimana kabar orang hidung pesek seperti saya, apa dengan begitu saya dikatakan jelek? Bagaimana dengan nasib orang pendek seperti saya? Padahal tanpa kita sadari, Allah menciptakan kita dengan sebaik-baiknya bentuk.
Cantik dan percaya diri bukan hanya bersumber dari penampilan lahir seperti bentuk rambut, tata rias wajah, tinggi badan, bentuk tubuh, baju mewah, dan sepatu mahal. Itu semua indikasi kecantikan fana yang tidak jauh berbeda dengan topeng. Kecantikan akan lebih sempurna jika disertai dengan kecantikan yang hakiki, yakni kecantikan hati. Sebenarnya permasalahannya bukan terletak pada cantik atau tidaknya, melainkan bagaimana bersyukur atas karunia Allah SWT dan membangkitkan kepercayaan diri yang memancarkan aura asli kecantikan dari dalam dirinya.
Kecantikan lahir yang tidak disertai dengan kecantikan batin akan seperti rumah tanpa tiang, apabila suatu saat dihantam bencana yang menimpanya, dia menjadi putus asa dan rendah diri.
Kecantikan batin adalah ketakwaan kepada Allah. Wanita yang senantiasa memelihara ketakwaan akan dapat mengalahkan kecantikan yang hanya dimiliki lahiriah. Inilah senjata ampuh untuk wanita agar selalu menjadi percaya diri karena kepada Allah-lah tujuan hidupnya dipersembahkan. 
(Kotak Kecantikan Ajaib hal.35)

Beauty Case II : Daya Pikat Wanita
Orang yang wajahnya biasa-biasa saja bisa tampil menarik, tetapi orang menarik tidak selalu cantik. Pernakah Anda atau kamu sekalian melihat seseorang yang sebenarnya biasa-biasa saja namun ada pesona lain pada dirinya sehingga penampilannya terlihat lebih menarik? Daya tarik seseorang memang tidak bisa dilihat dari penampilan fisik semata, tetapi ada aura dalam dirinya yang membuat orang merasa tertarik. Pesona dari dalam diri inilah yang disebut inner beauty. Inner beauty adalah suatu kekuatan yang tidak terlihat memancarkan keindahan, karisma seseorang tetapi pengaruhnya terasa oleh orang lain. Memoles daya tarik lahir jauh lebih mudah daripada daya tarik batin karena polesan fisik bisa dilakukan secara instan. Sebab seorang wanita dapat memancarkan aura keanggunan fisiknya dari kepribadiannya sehingga tampil sebagai sosok yang mempesona. Jika ingin tampil menjadi pribadi mempesona lahir atau batin, kita membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar. Pada dasarnya setiap orang berpotensi untuk memiliki inner beauty asalkan mau mengasahnya dan berubah menjadi lebih baik. Jangan lelah menuntut ilmu untuk menjadi lebih baik wahai ukhti.
Ilmu ibarat cahaya yang menerangi kegelapan. Dengan ilmulah apa yang ada di dunia akan kita dapatkan. Mengamalkan ilmu Allah akan mendatangkan banyak kebajikan dan pahalanya mengalir terus.
(Kotak Kecantikan Ajaib hal.70)


Beauty Case III : Mendapatkan Kecantikan Abadi
Memakai hijab adalah sebuah kewajiban. Seorang muslimah pakaian merupakan sebagai penutup aurat, sebagai identitas (Allah SWT mewajibkan muslimah berjilbab dan menutup aurat supaya mudah dibedakan identitasnya dengan wanita non muslim). Dalam cakupan ini arti menutup aurat secara syar'i bisa cek surat An-Nur ayat 31 yaitu "Katakanlah kepada wanita beriman : "Hendaknya mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan perhiasannya, kecuali yang (biasa nampak) dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka atau ayah suami mereka atau putera-putera mereka atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka atau putera-putera saudara laki mereka atau putera saudara-saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung." Dalam ayat ini dijelaskan bahwa muslimah wajib memakai kerudung hingga batas dada. Selanjutnya cek surat Al-Ahzab ayat 59 yaitu, "Hai Nabi, katakanlah pada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang." Dalam ayat ini pengertian jilbab adalah pakaian longgar yang menutup seluruh tubuh atau kita mengenalnya dengan sebutan gamis. 
Selain menutup aurat amalan lain untuk mengasah kecantikan batin bisa melalui sholat qiyamullail, bersabar, bersyukur, ikhtiar, sedekah dan tilawah. 

Beauty Case IV : What Is The Real Beauty?
Banyak wanita yang terpenjara dengan kecantikan yang bersifat lahiriah. Oleh karena ingin terlihat kemolekan tubuhnya, ia berani mengeluarkan puluhan juta rupiah untuk perawatan tubuh, sementara mereka membiarkan hatinya gelisah menghadapi persoalan hidup dan menjauhkan diri dari pertolongan Allah.
Salah satu cara untuk mendapatkan kecantikan abadi adalah memunyai sifat sakinah yang artinya ketenangan yang bersemayam dalam hati dan diekspresikan dengan bentuk perilaku yang bersumber dari kekuatan iman. Wanita yang tenang terpancar dari perilakunya. Ia tidak panik dalam menghadapi sebuah situasi. Setiap informasi yang diterima, ia tampung dan dikonfirmasikan kebenarannya sehingga tidak emosional dalam mengambil keputusan.
(Kotak Kecantikan Ajaib hal. 121)

Beauty Case Bonus : Tips Cantik Lahir dan Batin
  • Tips cantik lahir

Apabila dilandasi niat dan cara yang benar, merawat kecantikan bagi seorang muslimah adalah ibadah. Niat seorang muslimah untuk memakai kosmetik adalah untuk menjaga kerapian dan kebersihan, bukan untuk tabarruj (mempercantik diri untuk menarik perhatian lawan jenis) misal melakukan perwatan sesuai dengan jenis dan kondisi kulit.
  • Tips cantik batin

Cara merwatanya : Senantiasa melakukan perbaikan diri, selalu berpikir positif, tadabbur Al-Qur'an, menjaga lisan, mengisi waktu dengan zikir, terhindar dari penyakit hati, menjaga pergaulan, menghadiri majelis ilmu dan lain sebagainya.

Benar-benar kagum dibuat oleh buku ini, Teteh benar-benar menjabarkan setiap penjelasan dengan luwes sehingga mudah untuk dipahami. Buku yang direkomendasikan di baca untuk muslimah :) supaya mengasah kecantikan hati tidak hanya bersolek untuk kecantikan fisik saja. Buku yang sangat memotivasi untuk melakukan perbaikan diri dan menjadi muslimah idaman surga. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan Wassalamualaikum, salam pelangi :D

0 comments:

Post a Comment

 
Sahabat Pelangi Blogger Template by Ipietoon Blogger Template